5 Tips Cara Mendidik Anak Yang Baik Sejak Usia Dini

Main

Written by:

Saat ini banyak yang sudah sukses cara mendidik anak yang baik denganberbagai metode dan cara ampuh yang dilakukannya. Seberapa besar tingkat kesuksesan dari metode yang diterapkan tentu tergantung dari seberapa efektif masing-masing orang tua dalam memberikan didikan kepada anak-anaknya agar patuh. berikut ini adalah cara mendidik anak yang baik, benar dan bijak yang bisa Anda lakukan agar anak patuh dan makin menyayangi Anda.

  1. Bersikap lembut dan tunjukkan kasih sayang yang tulus kepada anak

Sebagai orang tua, selalu bersikap lembut kepada anak adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Sebab hanya dengan tutur kata yang lembut, seorang anak akan mendengarkan perkataan dari orang tuanya dan patuh kepada orang tuanya. Selain dituntut untuk bersikap lembut kepada anak, orang tua juga selayaknya memberikan kasih sayang yang tulus dan menyayangi anak. Salah satu contohnya adalah dengan mengatakan kepada anak bahwa Anda sangat menyayanginya sambil memberikan Pelukan atau ciuman juga bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi jiwa sang anak dan menambah rasa sayang anak pada Anda.

  1. Jadilah pendengar yang baik dan berikan motivasi besar pada anak

Mungkin anak Anda pernah mempunyai permasalahan sendiri kepada lingkungan disekitarnya. Sebagai orang tua yang baik, cobalah untuk melakukan pendekatan agar si anak mau bercerita kepada Anda. Di saat seperti itu Anda dituntut untuk menjadi pendengar yang baik dan mampu mendengarkan semua keluh dan kesah si kecil serta memberikan arahan yang baik bagi anak. Ini adalah kunci sukses dalam membangun rasa percaya diri sang anak dan anak akan merasa bahwa

  1. Bangun kreatifitas anak agar makin berkembang

Mengajarkan anak bukan berarti harus selalu membuat peraturan-peraturan yang tidak menyenangkan baginya, akan tetapi juga bisa dengan cara bermain bersama anak agar tercipta suasanya yang menyenangkan. Biarkan ia mempelajari sesuatu dari Anda dengan cara-cara yang jauh lebih menyenangkan seperti bermain, menari atau bermain musik bersama orang tuanya maka tanpa sadar ia juga bisa menggeluti hobi yang sama dengan orang tuanya

  1. Hindari mengekang anak

Inilah salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh orang tua yakni terlalu mengekang sang anak. Di saat anak tengah mencoba hal baru, pasti sering saja orang tua melarang sang anak.

Baca Juga :  Jenis Penyakit Hepatitis Pada Anak, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Sesungguhnya kata ini apabila terlalu sering diucapkan oleh orang tua kepada anaknya justru dapat berakibat negatif yang menyebabkan sang anak tidak berkembang kemampuan skill yang dimilikinya. Anda harus mendukung segala hal positif yang dilakukan sang anak.

  1. Jadilah panutan untuk anak Anda

cara mendidik anak yang baik

Pada umumnya setiap anak memiliki idola yang ia sukai di dunia imajinasinya. Namun di dunia yang sesungguhnya, ia juga pasti ingin memiliki dan menjadi motivasi bagi dirinya. Anda sebagai orang tua sebisa mungkin mencoba untuk menjadi apa yang diinginkan sang anak dan selalu bisa diandalkan sebagai orang tuanya.

  1. Berikan rasa nyaman kepada anak

Tumbuhkanlah rasa nyaman saat anak sedang bersama dengan orang tua yakni Anda. Ajaklah untuk berdiskusi kecil di sela-sela kebersamaan Anda Agar anak merasa nyaman, sebaiknya jangan menjadi yang merasa paling tahu segalanya sehingga membuat Anda terkesan dengan memberikan cerita-cerita yang menarik. Jadikan diri Anda menjadi teman bercerita sang anak.

 

Comments are closed.