5 Penyebab Leukimia Adalah atau Kanker Darah

Mom

Written by:

Pernahkah Anda mendengar istilah leukimia? Tentunya Anda pernah mendengar istilah ini karena beberapa artis juga pernah meninggal karena penyakit ini yakni suami dari Ririn Ekawati yang bernama Fery Wijaya. Jika orang tersebut saja bisa meninggal, hal ini menandakan bahwa leukimia termasuk dalam kategori penyakit yang berbahaya dong.

Apa Itu Leukimia?

Leukimia adalah penyakit kanker yang menyerang bagian sel darah dan sum-sum tulang belakang. Oleh sebab itu, penyakit ini sering disebut dengan kanker darah. Penyakit ini dapat mempengaruhi produksi serta fungsi dari leukosit atau sel darah putih dalam melawan berbagai infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh DNA yang mengalami kerusakan.

Kondisi yang seperti ini mengakibatkan jumlah sel darah putih mengalami penumpukan ada sumsum tulang belakang. Hal inilah yang menyebabkan berkurangan jumlah sel darah yang sehat dalam tubuh.

Lantas, Apa Penyebab Leukimia Atau Kanker Darah?

Penyakit ini memang jarang terjadi, namun siapa saja bisa terinfeksi. Selain itu, penyakit ini juga tidak datang secara tiba-tiba. Ada yang menjadi sebab akibat mengapa penyakit ini bisa muncul pada manusia. Berikut ini adalah 5 penyebab leukimia yang harus Anda tahu.

  • Radiasi

Penyebab pertama leukimia adalah radiasi. Bahkan, sebuah penelitian juga menyebutkan sedikit apapun radiasi yang diterima oleh tubuh dapat berindikasi menyebabkan leukimia.

Oleh sebab itu, ketika wanita yang sedang hamil, maka sangat tidak disarankan untuk melakukan pemeriksaan sinar x atau rontgen. Radiasi ini juga bisa didapatkan dari benda elektrolit di sekitar seperti gadget, komputer, televisi dan masih banyak lainnya.

  • Benzena

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama bahan kimia yang satu ini. biasanya bahan ini ditemukan dalam bensin , karet buatan, obat, pewarna rambut hingga tinta printer.

Jenis senyawa yang biasa ditemukan pada berbagai bahan sehari-hari ini adalah merupakan zat karsinogenik atau bersifat menyebabkan kanker. Semakin sering Anda terpapar zat kimia ini, maka akan semakin besar risiko kanker yang menanti Anda.

  • Unsur Kimia Radon

Penyebab leukimia selanjutnya adalah unsur kimia radon. Radon merupakan unsur zat kimia yang bersifat radioaktif dimana tidak berwarna, berbentuk gas serta tidak menimbulkan bau.

Zat kimia ini akan secara alami berada di lingkungan sekitar Anda. Biasanya, zat ini akan muncul karena terjadi proses alami pemecahan uranium. Radon sendiri sering ditemukan di dekat lantai serta sumber mata air di rumah Anda.

  • Rokok dan Kopi

Anda tentunya sudah tidak asing dengan rokok dan kopi. Ya, kedua benda ini memang paling nikmat dinikmati secara bersama-sama. Namun, tahukah Anda jika terlalu sering merokok dan mengonsumsi kopi juga bisa menyebabkan leukimia?

Mengapa? Padahal kan merokok berdampak pada paru-paru saja? Kata siapa? Efek karsinogen pada rokok bisa mengalir ke darah dan menyebabkan leukimia. Selain itu, sebuah studi French ESCALE 2013 juga menyebutkan bahwa mengonsumi lebih dari 2 cangkir kopi pada masa kehamilan juga bisa menyebabkan resiko bayi terkena leukimia sejak lahir.

  • Obesitas

Anda masih malas berolahraga dan menjalankan pola makan yang sehat? Jika iya, maka Anda mengalami risiko terkena leukimia. Mengapa? Sebab, orang yang kegemukan atau obesitas lebih rentan mengidap leukimia dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

Jadi, jika Anda masih malas untuk merubah pola hidup, siap-siap saja berbagai jenis penyakit akan hinggap di tubuh Anda.

Sebenarnya belum ada hal yang pasti dan terbukti untuk mencegah leukimia dengan menggunakan apa. Namun dengan menjalankan pola hidup sehat dan berusaha untuk menghindari zat-zat yang sudah disebutkan di atas tentunya bisa Anda jadikan patokan untuk terhindar dari risiko kimia.

Baca Juga :  Cara Menghitung Usia Kehamilan

Comments are closed.