Memilih pompa Asi yang aman dan nyaman

Mom

Written by:

Menjadi perempuan karir sekaligus ibu bagi balitanya memang tidaklah mudah. Namun tidak ada alasan untuk tidak memberikan hal terbaik untuk buah hati. Air Susu Ibu (ASI) ekslusif tetap dapat diberikan selama anda mau mencobanya. Seiring kemajuan jaman segala hal ada solusinya, kini ada pompa ASI yang memungkinkan memberikan ASI meskipun anda bekerja dan sang buah hati berada di rumah. Dengan pompa ASI anda dapat memompa ASI saat di tempat kerja atau disaat anda tidak dapat memberikan secara langsung pada anak. Setelah memompa anda dapat menyimpannya sebelum dapat diberikan saat bertemu sang buah hati. Tidak heran jika saat ini mengetahui cara memompa ASI tidak kalah penting dengan cara menyusui bayi. Tidak hanya cara penggunaannya karena sebelum menggunakan penting bagi anda mengetahui tips memilih pompa ASI yang tepat untuk anda.

Tips memilih pompa ASI

Memilih pompa ASI tidak mudah sebab anda perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan. Dapat berpengaruh pula pada kesehatan payudara anda. Terdapat dua jenis pompa ASI yaitu pompa manual dan pompa elektrik. Ada beberapa ibu yang tidak cocok menggunakan pompa elektrik karena menimbulkan efek pada puting. Ada pula yang merasa nyaman dan terbantu dengan menggunakan pompa elektrik karena lebih praktis dibandingkan pompa manual. Semua tergantung kenyamanan anda. Berikut tips yang dapat digunakan memilih pompa ASI.

Pilih Pompa ASI manual atau Elektrik

Seperti dijelaskan sebelumnya ada dua jenis pompa ASI yang dapat anda pilih. Sebaiknya anda menentukan akan memilih manual atau elektrik. Sebagai gambaran pompa manual membutuhkan tenaga untuk memompa ASI hingga keluar, pompa manual juga lebih ringan dan lebih mudah dibawa kemana-mana. Sedangkan untuk pompa elektrik anda tidak perlu memompanya, anda dapat menggunakan bahkan sembari tetap bekerja. Anda hanya perlu memasang dan memencet sesuai level yang tertera. Namun biasanya pompa elektrik menimbulkan suara ketika dinyalakan. Pompa elektrik memiliki komponen yang lebih besar sehingga membutuhkan tas khusus untuk membawanya.

Baca Juga :  7 Makanan Untuk Mendukung ASI Eksklusif, Intip Yuk

Beli pompa ASI baru

Kadang kala ada yang berpikir untuk membeli pompa ASI bekas untuk menghemat anggaran. Atau kadang ada yang berpikir tidak digunakan pada waktu yang lama. Padahal anda tidak pernah tahu dan tidak dapat memprediksi bagus tidaknya barang bekas. Selain itu tidak ada jaminan kebersihan barang second yang anda beli.

Dapatkan review produk

Penting untuk memastikan produk yang akan anda beli memang nyaman digunakan. Anda dapat mencari review secara detail tiap produk. Akan lebih baik pula jika anda mendapat review langsung dari orang-orang yang anda kenal. Anda juga dapat mencobanya jika memungkinkan.

Corong pompa sesuai ukuran payudara

Pompa ASI memiliki banyak macam corong dan ukuran. Yang perlu anda perhatikan adalah memastikan ukuran oayudara anda sesuai corong pompa yang akan anda beli. Terkadang saat menyusui ukuran payudara membesar sehingga memerlukan corong yang lebih besar saat memompa.

Budget

Menentukan budget untuk membeli pompa ASI penting. Karena ada banyak merk pompa ASI dengan berbagai harga yang berbeda. Anda perlu selektif untuk memilih merk terpercaya dan harga sesuai kebutuhan. Selain itu pembelian di online shop bisa jadi menawarkan harga yang berbeda meski untuk produk yang sama. Coba temuka harga rekomendasi dengan pilihan produk yang terjamin di bukalapak.

Nah, itu dia tips memilih pompa ASI. Jangan salah pilih bunda, berikan yang terbaik untuk sang buah hati.

Comments are closed.