4 Makanan yang Memperbanyak ASI secara Alami

Mom

Written by:

Memiliki buah hati adalah sebuah anugerah yang tak ternilai. Bunda pasti ingin memberikan segala yang terbaik untuk sang buah hati, termasuk asupan gizi penting si kecil, yaitu ASI. Untuk memperbanyak ASI pada masa menyusui, bunda bisa coba mengonsumsi beberapa jenis makanan alami yang mudah ditemui.

Seberapa Penting Asi untuk Si Buah Hati?

Sebelum membahas makanan apa saja yang bisa memperbanyak ASI, kita bahas dulu tentang seberapa pentingnya, sih, ASI untuk si kecil?

Makanan Terbaik untuk Bayi

Setiap makhluk hidup memerlukan sumber nutrisi. Sumber nutrisi alami terbaik dan pertama yang didapatkan oleg bayi adalah ASI. Dengan pemberian ASI yang memadaisi buah hati akan mampu tumbuh dan berkembang secara optimal.

Memperlancar Metabolisme Tubuh

ASI mengandung kolostrum alami yang dapat memperlancar metabolism tubuh sang buah hati dan membersihkan isi perutnya. Kolostrum ini memberikan dampak positif bagi tubuh si kecil. Salah satunya adalah menghindarkan si kecil dari bahaya penyakit kuning.

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Suplai ASI yang memadai mampu memberikan kecerdasan lebih kepada anak. Penelitian membuktikan bahwa anak yang mengonsumsi ASi memiliki IQ lebih tinggi daripada anak yang tidak mengonsumsi ASI semasa bayi. Saat sudah dewasa, mereka yang mengonsumsi ASI pun masih memiliki tingkat intelegensi yang tinggi, lho.

4 Makanan yang Memperbanyak ASI secara Alami

Setelah tahu apa saja peran penting ASI bagi tumbuh kembang si kecil, sekarang, kita akan membahas 4 makanan yang bisa memperbanyak ASI bagi ibu menyusui. Inilah 4 makanan yang bisa memperbanyak ASI.

Pepaya

Buah dan bunga papaya mengandung vitamin A dan vitamin C serta beberapa mineral penting, seperti kalium, asam folat, dan enzim papain. Enzim papain ini adalah enzim yang akan membantu pencernaan protein di dalam tubuh. Seorang ibu yang sedang menyusui sangat membutuhkan protein ini untuk memproduksi ASI. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam buah papaya dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dalam proses produksi ASI. Untuk cara mengonsumsinya, Bunda bisa langsung memakan papaya yang sudah matang atau menjadikan berbagai makanan olahan (untuk papaya yang masih mengkal), seperti sayur asam dan sup ikan dengan papaya.

Baca Juga :  Perhatikan Ini Sebelum Memberikan Susu Penggemuk Badan Anak 10 Tahun

Daun Katuk

Sudah sejak lama, daun katuk digunakan untuk membantu memperbanyak ASI pada ibu menyusui. Hal ini disebakan oleh adanya kandungan protein yang dibutbuhkan untuk memproduksi ASI di dalam daun katuk. Saat menyusui, seorang wanita membutuhkan  20 gram protein lebih banyak daripada biasanya. Dalam kondisi normal, seorang wanita butuh sekitar 40 gram protein setiap harinya. Sementara itu, dalam kondisi menyusui, seorang wanita membutuhkan sekitar 60 gram protein setiap harinya.

Sup Daging / Ayam / Ikan

Pecinta sup angkat tangannya! Siapa sangka makanan lezat ini ternyata bisa membantu memperbanyak ASI pada ibu menyusui. Makanan ini biasanya adapat dibuat dari berbagai bahan, mulai dari sayur, daging, ayam, dan ikan. Sup mengandung cairan dan protein yang dibutuhkan dalam proses produksi ASI. Kandungan cairan oada kuah sup dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan dan daging/ayam/ikan dapat menambah asupan protein.

Bayam

Kandungan zat besi pada bayam sangat bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin B6-nya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung vitamin A, C, E, K, protein serta mineral seperti kalsium, magnesium, forfor, kalium, thiamin, ribloflavin, dan asam folat.

Itulah 4 makanan yang dapat memperbanyak ASI untuk ibu menyusui. Bunda juga bisa memadukan beberapa bahan supaya tercipta variasi makanan yang tidak membosankan, bermanfaat, dan tetap lezat tentunya.

 

Comments are closed.